Menu
SELAMAT DATANG DI BLOG SINAGIH

Kedelai

Apa itu kedelai ?

Kedelai ialah salah satu tipe kacang-kacangan yg sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan yg mengandung protein nabati yg tinggi. Kedelai lebih tidak sedikit diolah jadi bahan makanan, dikarenakan lebih gampang dimasak. Berikut beberapa bahan makanan berasal kedelai yg dimanfaatkan dalam masakan.



Olahan Makanan dari Kedelai

1. Tahu

Bahan makanan dari bahan dasar kedelai yg berbentuk kotak, bertekstur lembut dan rata rata berwarna putih ditemukan pertama kali di China pada dinasti Han sekitar 2200 th yg lalu. Makanan yg mengandung protein dan serat ini diperoleh berasal sari kedelai yg digumpalkan dan dipres sampai padat dan dibentuk jadi kotak. Tahu ialah salah satu bahan makanan yg ternama di Indonesia.

2. Tempe

Makanan asli dari Indonesia yg dibuat dari bahan dasar kacang kedelai yg sudah direbus dan difermentasikan bersama ragi tempe dan dibungkus dgn daun pisang atau plastik sampaimembuahkan kapang rhizopus (jamur tempe) yg berona putih. Tempe ialah makanan yg tergolong murah namun mengandung nutrisi yg baik. muatan tempe yg mengandung asam lemak tidakbosan dapat mengarang kolesterol liar dalam tubuh.

3. Kecap

Salah satu bumbu yg terbuat bermula kacang kedelai merupakan kecap. Kecap yaitu air berwarna hitam yg dibuat dari kedelai hitam, kapang Aspergillus sp dan Rhizopus sp. Kecap terdiri bermula 2 tipe, ialah Kecap manis dan Kecap Asin. kategori kecap manis mempunyai warna hitam pekat dan kental lantaran dibuat dgn menambahkan gula merah dalam jumlah yg banyak. padahal kecap asin mengandung mutu garam yg dominan dan membuahkan warna cokelat agak bening dan tak kental. ke-2 tipe kecap ini tidak jarang dimanfaatkan dalam masakan sebabmampu membangkitkan rasa jadi manis ataupun gurih dan membangkitkan warna masakan jadi lebih pekat.

4. Natto

Natto yakni makanan olahan dari kedelai yg berupa butiran kedelai yg lengket dan mempunyai aroma yg kuat. Makanan tradisional Jepang ini yaitu sumber protein nabati yg tinggi dan rata-ratadimakan dgn nasi putih hangat dan shoyu (kecap asin Jepang) sbg sarapan. Di kota Hokkaido dan Tohoku, Natto dimakan dgn menambahkan gula pasir. Natto terdiri atas dua jenis adalah Natto Basah dan Natto renyah. Natto Basah sering dimanfaatkan juga sebagai bahan penambahan pada sajian sekalipun Natto garing sering dimakan sbg camilan ataupun bahan tambahan untuk es krim.

5. Tausi

bumbu berbentuk butiran hitam yg dibuat dari kedelai hitam yg sudah difermentasi. Tausi umumnya dipasarkan di supermarket dalam bungkusan kaleng dan mempunyai wujud butiran kacang kedelai yg gede melainkan Tausi yg dipasarkan di pasar berdosis kecil. Tausi dimanfaatkan dalam masakan yang merupakan bumbu penyedap yg mewariskan aroma khas.

6. Tauco

yaitu jenis bumbu yg dihasilkan dari kedelai yg difermentasi bersama ragi tempe, sorgum dan air garam masih dijemur selagi seminggu di bawah terik mentari. Tauco berbentuk seperti pasta kental yg berisi serpihan kacang kedelai putih bercorak cokelat muda dan berbau menyengat.

7. Miso

Salah satu bumbu berupa pasta berwarna cokelat kemerahan yg berasal dari Jepang dan dibuat dari kacang kedelai yg difermentasi. Miso serupa seperti Tauco namun wujud Miso seperti pasta dan bertekstur lembut. Di negara Jepang, Miso yaitu tambahan wajib yg ada di tungku. Miso mewariskan rasa khas kacang kedelai fermentasi dan berbau seperti tauco.

Gallery Menu